Parenting Notes

Menyambut Ramadhan

Bermula dari keinginan saya untuk membangun kesan yang positif terhadap Ramadhan bagi Aisha (terinspirasi oleh tulisan M. Fauzil Adhim), saya mulai mencari beberapa aktivitas Ramadhan di beberapa situs homeschooling yang bisa dilakukan oleh anak usia dini. Karena kemampuan Aisha untuk melakukan aktivitas craft masih terbatas, agak sulit juga ternyata mencari aktivitas Ramadhan yang sesuai untuk usianya. Hingga akhirnya, saya menemukan ide tentang Ramadan Calendar di sini atau di sini. Kebetulan, saya mewariskan beberapa bahan craft dari adik saya. Lahirlah ide untuk membuat Ramadan Calendar untuk Aisha… Setelah berjibaku dengan gunting, benang dan lain-lain (sudah lama sekali saya tidak melakukan aktivitas craft), alhamdulillaah, jadilah sebuah Ramadan Calendar pertama untuk Aisha… (Tadaaaa…!! 😀 ) Alhamdulillaah…

Ramadhan Calendar_2

 Sebenarnya ide Ramadan Calendar  sangat baru untuk saya, namun Ramadan Calendar bisa menjadi media yang menarik untuk merencanakan Ramadhan bagi si buah hati. Di dalamnya, kita bisa memasukkan “bahan pelajaran” dan jadwal kegiatan selama Ramadhan agar Ramadhan semakin berkesan. Contoh “bahan pelajaran” yang dapat kita persiapkan misalnya, Asma al Husna dan contohnya dalam aktivitas sehari-hari (masukkan satu Asma al Husna untuk satu hari atau bisa lebih), hadist atau ayat yang terkait dengan Ramadhan, hadist atau ayat yang bisa dihafalkan oleh anak, hingga kegiatan atau aktivitas craft yang sudah kita siapkan jauh hari sebelumnya untuk dilakukan oleh anak ketika mereka berpuasa. Atau… Bisa juga kita menggunakannya sebagai reminder untuk jadwal atau agenda silaturrahim dengan kerabat atau teman, agenda ifthar, agenda kajian-kajian Islam selama Ramadhan, atau aktivitas bermanfaat lain yang dapat kita lakukan. Menarik kan? 🙂 Jika anak-anak sudah lebih besar, bahkan kita bisa mengajak mereka untuk membuat sendiri Ramadan Calendar sesuai dengan keinginan mereka, dan merencanakan aktivitas apa yang ingin mereka lakukan selama Ramadhan. Tidak perlu dari bahan-bahan yang mahal, kita bisa memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di rumah seperti kertas karton, kardus bekas, gelas plastik, tissue makan, gulungan tissue toilet bisa disulap jadi Ramadan Calendar yang menarik, alhamdulillaah…! (coba googling image Ramadan advent calendar” untuk melihat beberapa contoh Ramadan Calendar). Untuk Aisha, karena waktu saya “sempit” dan usianya baru 20 bulan, saya mempersiapkan Ramadan Cards yang mengandung nilai-nilai akhlak untuk dibahas setiap harinya (Ramadan Cards-nya saya ambil dari sini). Selain dengan Ramadan Calendar, karena Aisha suka “bermain” dengan buku, saya siapkan juga beberapa buku yang terkait dengan Ramadhan. Smoga menjadi bekal yang baik untuk memasuki Ramadhan yang mulia… Aamiin…

Ramadan_3

Semoga bermanfaat! Ramadan Mubarak!! 🙂

2 thoughts on “Menyambut Ramadhan

    • Afwan ya baru reply, padahal sudah hampir sebulan yang lalu… Silahkan Mbak 🙂 Idenya bebas digunakan dan dikreasikan.. Waiyyaki.. 🙂

Tinggalkan Balasan

